Mengenal
Istilah Adsense (BPK, RKT, PPS, Penghasilan Tertaksir, Dll)
Mengenal
Istilah Adsense (BPK, RKT, PPS, Penghasilan Tertaksir, Dll) | SemuanyaAda.com –
Adsense masih menjadi salah satu primadona untuk menghasilkan uang melalui
blog.
Banyak blogger sukses
yang mendapatkan ratusan hingga ribuan dollar per bulannya..
Bagi
blogger pemula atau yang baru saja diterima menjadi publisher adsense,
biasanya masih bingung pada saat melihat halaman Dashboard Google
Adsense karena banyak istilah-istilah Adsense yang digunakan, misalnya
:
·
Penghasilan Tertaksir (Estimated Earnings );
·
Tampilan Laman(Page Views);
·
Tayangan (Impressions);
·
Klik (Clicks);
·
RKT Laman (Page CTR);
·
BPK (CPC);
·
RPM Laman (Page RPM);
·
Saldo (Balance);
·
.. dan lainnya.
Sama
seperti saya dulu, memang agak membingungkan kalau tidak dihayati dengan
benar.. Hehe..
Baca
Juga :
Apa sih
sebenarnya maksud dari istilah-istilah tersebut?
Biar ga
bingung lagi, pada artikel kali ini SemuanyaAda.com
akan membahas apa maksud dari istilah-istilah Google Adsense di atas tadi..
Daftar Istilah Google Adsense (BPK, RKT, PPS, Penghasilan
Tertaksir, Dll)
Daftar istilah tersebut
sebenarnya adalah informasi statistik yang diberikan oleh Google Adsense untuk
para publisher-nya
terkait data-data yang berkaitan dengan taksiran penghasilan yang akan
diperoleh.
Dengan adanya data
statistik ini, diharapkan publisher bisa mengetahui seberapa
optimal kinerja dari blog dan iklan yang dipasang.
Dengan begitu, kamu bisa
mengoptimasi sedemikian rupa jika dirasa kinerja iklan atau pendapatan yang
diperoleh sangat rendah kalau dibandingkan dengan tampilan laman dari blog kamu.
Berikut penjelasan
istilah-istilah pada Google Adsense :
1. Klik (Cliks)
Klik adalah jumlah berapa
banyak iklan yang di klik oleh pengunjung blog.
2. BPK (CPC)
CPC atau Cost Per
Click – jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah Biaya Per Klik
(BPK) – merupakan besaran komisi yang diberikan oleh
Google (dalam
dolar atau rupiah) setiap kali ada pengunjung yang mengklik
iklan.
Besaran BPK ditentukan oleh
pengiklan dengan sistem lelang. Sebagian pengiklan bersedia membayar lebih
dibanding pengiklan lainnya, tergantung dari apa yang diiklankan.
Ada banyak hal yang
mempengaruhi besar kecilnya nilai CPC, misalnya :
·
tema
atau niche dari blog;
·
sumber
lalu lintas pengunjung;
·
asal
negara pengunjung;
·
pemblokiran
iklan yang ber-BPK rendah;
·
smartpricing; dan
·
masih
banyak faktor lainnya.
Besaran BPK biasanya lebih
tinggi kalau pengunjung blog berasal dari pencarian organik (Google Search
Engine), bukan dari media sosial.
Berdasarkan pengalaman saya,
blog bakal terkena smartpricing kalau pengunjung blog banyak yang berasal
dari Facebook. Nilai BPK-nya sangat rendah, yaitu $0.01 dan
tak bisa naik selama beberapa hari, ini cara Google untuk melindungi pengiklan (advertiser) mereka..
.. karena alasan inilah
akhirnya saya tidak mau lagi membagikan artikel ke Facebook. Hahaha…
Di Indonesia sendiri,
rentangan komisi yang diberikan untuk setiap klik sangat rendah, rata-rata
sekitar $0.01 – $0.07 per klik.
Menyedihkan memang..
Namun saya pernah juga
mendapatkan $0.25 per klik tapi sangat jarang sekali.
Jika yang mengklik iklan
berasal dari luar negeri, terutama negara-negara maju seperti Amerika Serikat
(US), Singapore, Australia, dan lain sebagainya, biasanya CPC yang diberikan
akan berlipat.
Itulah mengapa banyak blogger Indonesia
yang berusaha membuat blog berbahasa Inggris agar dapat klik dari pengunjung
luar negeri.
3. Tampilan
Laman (Page
Views)
Tampilan Laman adalah jumlah banyaknya tampilan keseluruhan laman yang
dilihat oleh pengunjung pada blog yang terpasang iklan Adsense .
Jumlah tampilan laman tidak
dipengaruhi oleh jumlah iklan yang terpasang pada halaman blog tersebut.
Contoh:
Jumlah iklan yang terpasang
pada halaman yang tampil sebanyak 3 unit iklan, kemudian halaman
tersebut dilihat sebanyak 10 kali, maka Tampilan Laman-nya tetap saja adalah 10.
4. RPM Laman (Page
RPM)
RPM (Revenue Per Thousand Impression) adalah penghasilan tertaksir
rata-rata yang akan kamu dapatkan dari setiap 1000 kali halaman yang tayang.
Jadi RPM Laman hanya
penghasilan tertaksir perseribu kali tayang, bukan menunjukkan berapa
penghasilan yang akan kamu dapatkan sebenarnya.
RPM merupakan
nilai yang umum digunakan dalam program periklanan, RPM ini
berguna untuk membandingkan penghasilan jika menggunakan beberapa channel yang
berbeda.
Nilai tersebut didapat dari
hasil pembagian Penghasilan Tertaksir dengan
jumlah Tampilan
Laman, dikali 1000.
RPM = (Penghasilan Tertaksir/jumlah
Tampilan Laman) x 1.000
Contoh :
Pada gambar di atas penghasilan tertaksir saya sebesar $3.52 dari 4.6 rb tampilan laman,
Pada gambar di atas penghasilan tertaksir saya sebesar $3.52 dari 4.6 rb tampilan laman,
..maka RPM laman saya
adalah :
RPM = ($3.52 / 4.600) x 1000
= $0.76
Sekali lagi ini adalah
taksiran, artinya dengan kondisi peletakan iklan dan performa blog saya saat
ini, maka diperkirakan saya akan mendapatkan penghasilan sebesar $0.76 setiap
kali laman blog saya dilihat 1000 kali.
Dengan demikian, saya bisa
mengira-ngira.. Ohh.. berarti kalau Tampilan Laman blog saya
mencapai 2000 kali tayang, diperkirakan saya akan
mendapatkan $1.52.
Namun besaran yang tertera
pada RPM
Laman (Page RPM) tidak ditambahkan ke dalam Saldo kamu.
Penghasilan yang kamu dapatkan tetap berasal dari Penghasilan
Tertaksir (Klik x BPK).
5. Tayangan (Impression)
Istilah Impressions atau Tayangan ini
memang sedikit membingungkan. Impression didefinisikan sebagai pandangan atau
kesan pengunjung pada item tertentu pada blog kamu.
Impression bisa merujuk pada pengguna yang melihat halaman tertentu,
unit iklan tertentu, atau berbagai iklan tertentu.
Oleh karena itu, sebuah ‘Impression’ dapat
dikategorikan ke dalam tampilan halaman atau tayangan iklan.
Tayangan dihitung untuk
setiap permintaan iklan yang menghasilkan setidaknya satu iklan pada blog, bisa
berupa jumlah unit iklan (untuk iklan konten) atau kueri
penelusuran (untuk
iklan penelusuran) yang menampilkan iklan.
Bisa dibayangkan kira-kira
seperti ini..
Jika dalam 1 laman terdapat
4 iklan yang tampil, maka jika laman tersebut dilihat 1000 kali, maka Tayangan diperkirakan = 4000.
6. RKT (Rasio
Klik Tayang) Laman atau Page CTR (Click Through Ratio)
RKT Laman adalah persentase dari berapa banyak jumlah klik yang kamu
dapatkan jika dibandingkan dengan jumlah Tampilan Laman.
RKT (Rasio Klik Tayang) = Klik / Tayang Laman x 100%
Contoh :
Pada gambar di atas, saya memperoleh klik sebanyak 55 klik untuk 4.68 rbtampilan laman, maka RKT saya adalah..
Pada gambar di atas, saya memperoleh klik sebanyak 55 klik untuk 4.68 rbtampilan laman, maka RKT saya adalah..
RKT = 21/1.600 x 100%
= 1,17 %
Dengan RKT,
kamu bisa mengetahui seoptimal apa penempatan iklan yang kamu lakukan pada blog
saat ini..
Jika RKT sangat rendah,
artinya kamu perlu memikirkan penempatan ulang iklan agar kemungkinan iklan“dipukul” oleh
pengunjung lebih banyak.
Namun memang, untuk blog
berbahasa Indonesia, RKT bisa sangat rendah tak lebih dari 3%..
Ini mungkin terjadi karena
prilaku pengunjung yang malas atau menghindari iklan karena banyak blogger
matre yang memasang iklan pop-up atau iklan yang menutupi
konten sehingga sangat mengganggu pengunjung blog.
7. Penghasilan
Tertaksir (Estimated
Earnings)
Penghasilan tertaksir
adalah perkiraan atau estimasi dari penghasilan yang akan kamu peroleh dari
Adsense baik untuk Hari Ini, Kemarin, Selama 7 Hari Yang
Lalu hingga Bulan Ini.
Penghasilan tertaksir
dihitung dari jumlah Klik (Clicks) dikali dengan BPK (CPC). Semakin besar nilai BPK dan
semakin banyak jumlah Klik, maka semakin besar pula penghasilan tertaksir yang
akan kamu peroleh.
Jumlah Penghasilan
Tertaksir bukan merupakan pendapatan final, pada akhir
hari, Google secara otomatis akan menganalisa mana klik yang valid dan mana
yang tidak valid.
Jika terdapat klik yang
tidak valid, maka jumlah penghasilan yang diperoleh pada hari itu akan kurang
dari Penghasilan
Tertaksir.
Jadi yang dihitung oleh
Google hanya klik yang valid saja.
8. Saldo
Saldo adalah jumlah
penghasilan akhir yang telah kamu peroleh dalam jangka waktu satu bulan mulai
dari terakhir kali kamu melakukan pencairan Google Adsense (Withdraw).
Saldo akan diakumulasi tiap
awal bulan sehingga saldo yang tampil saat ini belum termasuk dengan
penghasilan yang kamu peroleh bulan ini.
Nah sekarang sudah paham
kan ya..
Sebenarnya masih banyak
lagi daftar istilah pada Google Adsense, tapi yang paling penting kamu ketahui
saya kira cukup yang di atas tadi saja.
Tapi kalau kamu tetap,
kepo.. bisa cekidot di support.google.com/adsense/
Baca Juga :
Okelah Sobat SemuanyaAda, itulah tadi Seputar Blogger yang dapat saya bagikan kali ini, Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Sumber original : ( https://www.juraganblog.com/blog/daftar-istilah-google-adsense )